Perubahan Pola Konsumsi Gen Z sebagai Dampak Digitalisasi Ekonomi

The Impact Of Economic Digitalization In Consumption Patterns for Gen Z

Authors

  • Ainul Millah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Muslikhati Muslikhati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arif Lukman Hakim Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

Digitalisasi Ekonomi, Pola Konsumsi, Generasi Z, Pembelian Impulsif

Abstract

Digitalisasi ekonomi tidak hanya mengubah pola bisnis tetapi juga mengubah pola konsumsi masyarakat, khususnya Generasi Z (zoomers) yang dikenal sebagai digital natives. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi digitalisasi ekonomi terhadap pola konsumsi Generasi Z. Menggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan fenomenologi, jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi digitalisasi ekonomi telah mengubah pola konsumsi Generasi Z, tidak hanya dalam hal mengubah pola konsumsi konvensional menjadi serba digital tetapi juga menekan fluktuasi konsumsi yang tidak terkendali yang terjadi pada sebagian besar Generasi Z. Digitalisasi ekonomi sangat luas dan tidak terbatas. Memberikan kemudahan tetapi di sisi lain telah mendorong pola konsumsi yang sulit dikendalikan seperti boros, konsumtif, dan impulsif. Meskipun pola konsumsi online saat ini marak, pola konsumsi offline masih relevan dalam kehidupan Generasi Z (zoomers). Terakhir, penggunaan Paylater saat ini semakin meningkat dalam penelitian ini, Peneliti menemukan bahwa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dominan tidak menggunakan standar karena pengetahuan mereka tentang larangan riba, serta mengetahui bahaya penggunaan pinjaman online dan jumlah pengguna Paylater yang ditemukan lebih sedikit.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-18